Selasa, 09 Agustus 2011

Genjot Pelatihan Kader


Karang Taruna Sulawesi Selatan Genjot Pelatihan Kader
Oleh : Chali Mustang | 12-Apr-2011, 01:04:34 WIB

KabarIndonesia – Pengurus Karang Taruna Provinsi Sulawesi Selatan periode 2010 – 2015 terus menggenjot sejumlah program yang berorientasi pada pelayanan sosial kemasyarakatan. Tahun 2011 ini, Karang Taruna Sulawesi Selatan telah merampungkan beberapa program diantaranya donor darah, pemberian bantuan kepada beberapa pengurus Karang Taruna desa/kelurahan dan pelatihan-pelatihan kepemudaan.

Pelatihan yang telah dilaksanakan antara lain pelatihan managemen organisasi, pengelolaan kelompok usaha produktif dan pelatihan penanganan masalah sosial. “Kami sebagai pengurus Karang Taruna Provinsi Sulawesi Selatan berharap agar pengurus Karang Taruna kabupaten/kota dapat mengaplikasikan apa yang didapat dalam pelatihan tersebut,” kata Wakil Ketua Karang Taruna Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Syafri Sulo kepada pewarta HOKI, Senin (11/4/2011)

Menurut Andi Syafri Sulo, Karang Taruna Provinsi Sulawesi Selatan mengfokuskan kegiatan pada peningkatan kreatifitas pemuda dengan pola kemitraan. “Kami berupaya agar semua pengurus Karang Taruna kabupaten/kota terlibat langsung dalam penanganan permasalahan sosial karena eksistensi Karang Taruna adalah organisasi sosial kepemudaan,” ujarnya.

Dalam waktu dekat ini, sejumlah pengurus Karang Taruna kabupaten/kota akan menggelar Temu Karya Daerah (TKD) yang berorientasi pada agenda penataan kelembagaan. “Dengan TKD ini nantinya kader Karang Taruna dapat memberikan kontribusi aktif pada penanganan permasalahan sosial yang ada di wilayahnya masing-masing,” kata Andi Syafri Sulo, “selain TKD Karang Taruna di beberapa kabupaten/kota di Sulawesi Selatan juga akan mendirikan koperasi Kupakataui yang bertujuan meningkatkan peran pengurus Karang Taruna dalam kegiatan usaha ekonomi produktif”.

Karang Taruna Provinsi Sulawesi Selatan menggenjot program yang belandaskan pada empat program pokok ; pertama, agenda kelembagaan yakni pembentukan kepengerusan di semua tingkatan, mendorong pengurus kabupaten kota agar memiliki sekretariat dan mengefektifkan sekretariat yang sudah ada. Kedua, produktifitas pemuda melalui pembentukan koperasi. Ketiga, partisipasi sosial pemuda yakni meningkatkan partisipasi Karang Taruna dalam penanganan masalah sosial. Keempat, agenda kemitraan dan komunikasi sosial pemuda yakni melakukan kemitraan dengan semua SKPD baik di provinsi maupun kabupaten/kota di Sulawesi Selatan. “Semua kegiatan Karang Taruna mengacu pada empat program pokok ini,” kata Andi Syafri Sulo.


Blog: http://www.pewarta-kabarindonesia.blogspot.com/
Alamat ratron (surat elektronik): redaksi@kabarindonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More