Selasa, 09 Agustus 2011

Enam Kader Karang Taruna Gugur


merapi-meletus_senin-pagi


Link sumber berita

Sriwijaya Post - Minggu, 14 November 2010 21:27 WIB

MUSIRAWAS - Ketua Umum Forum Nasional Karang Taruna Indonesia Taufan Eko Nugroho mengatakan, letusan gunung Merapi Yogyakarta beberapa waktu lalu menewaskan enam orang anggota karang taruna yang tinggal di sekitar lereng Merapi.Mereka tewas karena berusaha menyelamatkan warga lainnya saat terjadi letusan.
“Awalnya, anggota karang taruna yang gugur ada dua orang. Namun kemudian bertambah lagi jadi enam orang. Mereka gugur, saat berusaha menolong evakuasi warga yang terkena bencana Merapi.
Apa yang mereka lakukan dengan membantu warga itu merupakan bukti kesetiakawanan sosial yang tinggi dikalangan karang taruna,” ujar menantu Ketua Umum Partai Golkar, Abu Rizal Bakrie ini saat berkunjung ke Musirawas, Sabtu (13/11).
Disebutkan, pihaknya telah mengunjungi keluarga korban dan menjanjikan akan memberikan bantuan bagi anak-anak anggota karang taruna yang gugur tersebut.
“Ada empat orang anak yang akan kita bantu, terutama dalam pendidikannya hingga perguruan tinggi, termasuk satu orang anak yang masih dalam kandungan ibunya,” katanya.
Sementara itu, terkait kunjungannya ke Musirawas, Taufan mengingatkan kepada seluruh anggota karang taruna yang ada di daerah ini supaya dapat berperan aktif dalam proses pembangunan, bukan hanya tingkat kabupaten melainkan juga di Sumsel secara keseluruhan.
Selain itu, di tengah persaingan ekonomi saat ini, karang taruna harus memersiapkan diri agar bisa memberikan kontribusi dalam pembangunan.
Dalam tinjauan lebih luas dijelaskannya, saat ini nilai ekonomi Indonesia sebesar 40 persen dari ekonomi Asean. Kira-kira lima tahun yang akan datang Indonesia akan menguasai sebesar 50 persen.
Di mata asing memiliki posisi tersebut sangat strategis karena potensi ekonomi yang sangat besar.
“Momentum harus dimanfaatkan oleh generasi muda dan harus mempersiapkan diri. Makanya, karang taruna memberikan penghargaan terhadap pembina karang taruna terbaik se-Indonesia sebagai salah satu bukti karang taruna untuk memajukan daerah,” katanya.
Sementara itu, Bupati Musirawas Ridwan Mukti dalam paparannya dihadapan tim penilai pembina karang taruna terbaik se-Indonesia menjelaskan, kepedulian Pemkab Musirawas terhadap karang taruna langsung sebagai subjek bukan objek.
Sebanyak 67 SKPD juga mempunyai kepedulian untuk memberdayakan karang taruna dan melibatkan karang taruna sebagai pelaksana di lapangan.
Untuk mewujudkan karang taruna yang memiliki jiwa entrepreneur yang maju bukan hanya sebagai politisi, pemerintah setempat juga memberikan rujukan kepada perusahaan-perusahaan yang ada di daerah ini untuk turut membina karang taruna melalui program community development. (zie)

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More